Sumber: Engadget

FirstIndonesiaMagz.id- Microsoft telah secara resmi menyetujui cara untuk menjalankan Windows 11 pada Mac berbasis ARM. Dalam artikel dukungan baru, perusahaan telah mengotorisasi menggunakan Parallels Desktop 18 untuk menjalankan Windows 11 Pro dan Enterprise versi ARM pada Mac berbasis M1 dan M2 dikutip dari engadget.com pada Jumat (17/02).

Jika pengguna membutuhkan Windows untuk bekerja, secara teoritis pengguna dapat menggunakan mesin virtual.

Pengguna tidak dapat menjalankan aplikasi ARM 32-bit, sebagian karena Microsoft tidak lagi menggunakan perangkat lunak 32-bit untuk semua versi ARM Windows. Perangkat tidak akan berfungsi kecuali memiliki driver Windows 11 ARM. Pengguna tidak dapat menggunakan apa pun yang bergantung pada lapisan virtualisasi lainnya, seperti aplikasi Android, sistem Linux, dan Windows Sandbox. Jangan berharap untuk menjalankan beberapa game, karena apa pun yang membutuhkan setidaknya DirectX 12 atau OpenGL 3.3 tidak akan berfungsi.

Dimungkinkan untuk menjalankan Windows 11 di Parallels pada ARM Mac sejak 2021, dan bahkan berjalan cukup baik. Pengguna perlu menggunakan pratinjau Insider dari OS pada saat itu, dan Microsoft mengatakan pada saat itu tidak berencana untuk mendukung Mac baru. Parallels Desktop 18 sekarang memungkinkan pengguna mengunduh dan menginstal Windows 11 dengan sedikit usaha.

Seperti yang dijelaskan The Verge, tidak pasti bagaimana Microsoft telah mengubah lisensi – hingga saat ini, Microsoft hanya melisensikan versi ARM Windows langsung ke vendor PC. Parallels mengatakan pengguna dapat membeli lisensi Windows 11 Pro individual atau melalui proses pembelian yang biasa dilakukan perusahaan mereka. (A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here