Firstindonesiamagz.id – AirNav Indonesia telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2022 yang dilaksanakan secara daring, pada Jumat (15/7/2022).

Kegiatan HCREA 2022 ini diselenggarakan oleh  First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri.

HCREA 2022 merupakan kegiatan penghargaan (award) tahunan dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi divisi human capital di perusahaan terlebih di kondisi pandemi Covid-19 dengan bertransformasi digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan perusahaan masing–masing yang sangat cepat berubah & turbulence.

Selain itu, kegiatan HCREA 2022 juga bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor–faktor penentu kesuksesan human capital di era pandemi Covid 19/new normal, dan juga untuk mengukur dan menilai kinerja serta keefektivitasan strategi human capital dalam melakukan transformasi dan ketahanan bisnis yang dijalankan perusahaan.

Di sisi lain, HCREA 2022 ini bukan hanya kegiatan wawancara penjurian saja melainkan ada juga tahapan lainnya seperti penilaian dari para dewan juri akademisi kemudian tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.

Adapun pada saat kegiatan wawancara penjurian HCREA 2022, AirNav Indonesia memaparkan terkait human capital yang telah diimplementasikan. Salah satunya yakni mengenai performance-based human resource yang merupakan sistem pengelolaan SDM AirNav Indonesia yang berfokus pada peningkatan kinerja dan produktifitas karyawan.

Adapun sistem pengelolaan SDM AirNav Indonesia ini diilustrasikan dalam framework agar lebih terstruktur dan tersusun sistematis.

  1. Talent strategy ini membantu perusahaan dalam mencapai tujuan strategisnya
  2. Workforce merupakan planning merencanakan kebutuhan SDM termasuk didalamnya identifikasi critical job role, workload analysis dan identifikasi skill gap pada organisasi.
  3. Competency management untuk mendefinisikan dan mengelola kebutuhan keahlian, kompetensi, pengalaman, dan persyaratan lain pada sebuah jabatan.
  4. Employee cycle yang dimulai dari Sourcing & Recruiting, Performance Management, Succesion Plan dan Career Management.
  5. Hr management system untuk mendukung keseluruhan proses Talent Management termasukdi dalamnya digitalisasi proses, integrasi sistem dll.
  6. organization & governance untuk memastikan keselarasan setiap komponen dalam Talent Management System dan memastikan tanggungjawab dilaksanakan sesuai ketentuan/peraturan.
  7. Compensation/reward yang diterima karyawan layak berdasarkan tanggungjawab dan kinerja mereka.
  8. Learning & development, bagi setiap karyawan penting untuk selalu belajar dan berkembang seiring dengan perubahan bisnis dan perubahan kebutuhan skill ataupun  kompetensi.

Sistem pengelolaan SDM AirNav Indonesia melalui framework tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja yang unggul, kompetitif, dan berdaya saing global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here