FirstIndonesiaMagz.id– blu by BCA Digital kembali memperluas layanannya sebagai Bank-as-a-Service (BaaS) dalam kolaborasi blUnion terbaru bersama EmasKITA.
Dalam kerjasama ini, blu by BCA Digital sebagai mitra perbankan, menyediakan fitur pembayaran yang aman dan praktis di dalam aplikasi EmasKITA bagi customer yang ingin membeli emas untuk berinvestasi melalui aplikasi EmasKITA.
Aplikasi EmasKITA merupakan platform yang memudahkan konsumen membeli dan menjual produk emas batangan EmasKITA dan perhiasan emas murni Kencana 24K+ secara fisik. Customer juga dapat mengecek keaslian emas melalui fitur scan QR dan mengecek harga emas harian melalui aplikasi ini.
Mengusung tagline “Beli Diantar, Jual Dijemput” aplikasi EmasKITA turut menyediakanpengalaman one-stop shopping bagi konsumen, termasuk layanan buyback dengan fitur ‘pick up’ sehingga konsumen tidak perlu lagi untuk datang ke toko karena produknya akan dijemput ke rumah konsumen. Tidak ketinggalan, EmasKITA juga memberikan Loyalty points yang dapat digunakan untuk pembelian emas selanjutnya.
Investasi pada instrumen emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati di Indonesia. Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan oleh World Gold Council (WGC), di mana pada tahun 2022, permintaan emas dari Indonesia telah menembus 49,7 ton. Jumlah ini jadi angka yang tertinggi sejak tahun 2019 atau sebelum pandemi.
Pemerintah sendiri juga menargetkan investasi Indonesia pada tahun 2023 dapat mencapai angka Rp1.400 triliun, seperti yang disampaikan dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada bulan Maret lalu.
Kolaborasi antara EmasKITA x blu memungkinkan customer EmasKITA dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan di aplikasi EmasKITA tanpa harus berpindah aplikasi; mulai dari membuka rekening blu, melakukan linkage akun blu dengan akun EmasKITA, dan melakukan pembayaran pembelian emas secara praktis dengan mendebit rekening blu.
Adapun fitur-fitur perbankan blu didalam aplikasi EmasKITA akan terus dikembangkan kedepannya.
“Kami melihat emas merupakan salah satu bentuk investasi yang diminati masyarakat Indonesia sejak dulu, karena itu BCA Digital hadir sebagai Bank-as-a-Service, dimana blu melengkapi aplikasi EmasKITA dengan fitur transaksi perbankan, sehingga menjadi aplikasi ‘one-stop shopping’. Kami sangat antusias bisa bekerja sama dengan EmasKITA, aplikasi untuk bertransaksi dan berinvestasi produk emas yang memiliki kualitas dan standar ANTAM. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus membangun ekosistem digital Indonesia. kami berharap kolaborasi ini dapat mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk bertransaksi dan berinvestasi lewat pembelian emas.” ujar Lanny Budiati, Direktur Utama PT BCA Digital.