
FirstIndonesiaMagz.id, Jakarta-Masuk hari kedua, Halal Fair Series dan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) ramai dikunjungi oleh lebih dari dua puluh ribu pengunjung yang antusias mencari produk muslim berkualitas dari dalam dan luar negeri. Mereka juga aktif mengikuti workshop dan seminar bisnis yang diselenggarakan.
Selama tiga hari dari 8 hingga 10 Desember 2023, Wahyu Promo Citra menggelar Halal Fair – HIITS 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang denga 250 exhibitor yang berasal dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi, Mali, dan Sudan.
Sebagai acara puncak tahun ini, Halal Fair – HIITS 2023 turut mendukung upaya Indonesia sebagai pusat global untuk pasar, industri, dan ekosistem halal yang diharapkan tercapai pada tahun 2024.
Pemerintah Indonesia bersama dengan berbagai pihak terlibat dalam pengembangan industri halal dan pemberdayaan UMKM. Tito Maulana, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, menyatakan bahwa Halal Fair- HIITS ini merupakan platform kerja sama perdagangan antar negara Muslim, khususnya dalam mengembangkan UMKM halal unggulan.
Sejumlah exhibitor dari luar negeri dengan antusias menyaksikan animo besar konsumen terhadap produk halal di Indonesia selama berlangsungnya acara.
“Antusiasme kami sangat tinggi pada pameran ini. Kami optimis melalui pameran ini, dapat meraih peningkatan volume penandatanganan kontrak dan transaksi dagang yang signifikan antara eksportir kami dengan para buyer Indonesia. Kami menghadirkan produk-produk unggulan halal Malaysia,” ungkap Dr. Zuraini Hasanuddin selaku CEO, GEO Artha International (M) Sdn. Bhd. selaku pemimpin delegasi Malaysia untuk Halal Fair – HIITS 2023.
Malaysia menjadi peserta terbanyak dari luar negeri dalam pameran ini dengan membawa 48 delegasi pelaku usaha UMKM melalui Paviliun Produk UMKM Halal Malaysia. Sebanyak 80 produk unggulan Malaysia ditampilkan di paviliun pameran yang mendapat dukungan dari pemerintah Kerajaan Selangor.
Zuraini menyatakan bahwa para peserta pameran dari Malaysia sedang aktif mencari pembeli potensial dan importir untuk memasarkan produk UMKM halal terbaik mereka di Indonesia. Mereka berkomitmen untuk menembus pasar Indonesia karena produk-produk mereka diproduksi sepenuhnya oleh Muslim.
Zuber bin HJ. Bakri, anggota Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarbangsa (World Islamic Marketing & Trade Chamber – WIMTC), yang juga berpartisipasi dalam pameran, menyorotpi pentingnya konektivitas antarnegara bagi UMKM agar dapat memasarkan produk halal unggulannya.
“Kami melihat peluang pasar global guna membangkitkan UMKM menjadi naik kelas, dengan mempertemukan mitra UMKM Malaysia dengan Indonesia. Untuk itu, business matching hingga pameran seperti ini sangat penting,” ujar Zuraini.
Melalui organisasinya, Zuber berupaya meningkatkan kekuatan ekonomi dengan mempromosikan produk halal unggulan semata-mata dari perusahaan milik pengusaha muslim.
Ragam produk dari pelaku usaha UMKM Indonesia, mulai dari consumer goods, produk hortikultura dan perkebunan seperti sayur, buah, kopi dan teh, furniture, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu Gaharu juga menarik perhatian para importir Malaysia.
Pameran Palestin Membawa Gelombang Diskon
Partisipasi Komunitas Palestina di stan pameran, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, memberikan nuansa meriah pada acara Halal Fair – HIITS. Mereka memperkenalkan sejarah, budaya, dan berbagai produk asli mereka kepada pengunjung.
“Kami menampilkan sejumlah foto bersejarah berbagai kota di Palestina dan mata uang Palestina keluaran 1927 – 1942,” kata Raed Mohammed Hassan Arada, mahasiswa asing asal Gaza Palestina yang mengampu kuliah di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung, yang memiliki hobi mengoleksi koin kuno ini.
Stan Komunitas Palestina juga menjual berbagai produk makanan, kurma dan minyak zaitun asal Palestina, gantungan kunci, pin, kaos maupun souvenir khas lainnya yang didatangkan langsung dari negeri para nabi itu. Harganya pun sangat terjangkau, seperti gantungan kunci, dijual seharga Rp 50 ribu dapat 10 pcs, bendera Rp 20 ribu, dan topi Rp 75 ribu.
Samer, warga asal Tepi Barat yang juga berpartisipasi dalam pameran, mengungkapkan, sebagian besar hasil penjualan akan disumbangkan kepada rakyat.
“Keuntungan dari penjualan ini akan diberikan untuk Palestina, hampir atau mungkin 100 persen,” ujar pria yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2022 ini.
Sementara stan Tunisia dan Arab Saudi menghadirkan berbagai produk kurma, kismis dan kacang Arab unggulannya. Pada stan Tunisia menyuguhkan promo Rp100 ribu dapat 3 pack kurma tangkai 500 gram.
Stan Sudan dan Mali juga menampilkan produk-produk unggulannya seperti kacang-kacangan dan gom atau getah Arab.
Stan Ath-Thoifah, sebagai produsen madu dan herbal hadir membuka peluang bisnis herbal join keagenan dan reseller produk herbal berlegalitas dan berkualitas.
Kehadiran stan kuliner Ajwad Resto dan Abu Taqo Kebuli, dengan sajian makanan khas Arab dengan rasa lokal ini menjadi favorit para pembeli yang terlihat mengular sejak pameran dibuka.
UMI Tour & Travel memberikan promo spesial pameran dengan voucher diskon umrah hingga Rp 2,5 juta/pax dan DP umrah anya Rp1 juta/pax, khusus pendaftaran di stannya. Pengunjung juga berkesempatan mengikuti undian Umrah Gratis Bintang Lima.
Produk fashion seperti Khadijah Indonesia, Nacita, Alfi Huraiyah, Taqeeya, Makhtab, Al-Wafa, dan brand-brand lainnya memberikan voucher khusus berhadiah dan diskon hingga 50%.
Bagi pengunjung yang datang ke stan Hedtutu Skin Solution di Halal Fair bisa klaim gratis Brightening Skin Treatment/Intensive Acne Cream senilai Rp120.000 – 125.000.
Direktur Operasional Hanania Group Tour Travel Naufal Ashim, mengatakan kehadiran travel umroh milenial pertama di Indonesia ini di gelaran Halal Fair untuk kali ketiga ini menjadi magnet bagi pengunjung yang hadir di boothnya. Bagi pengunjung yang hadir ke booth, berkesempatan untuk mendapatkan Apresiasi Umroh Gratis tanpa dipungut biaya apapun
“Di pameran ini, kami lebih memberikan edukasi travel umroh dengan konsep milenial pertama. Semoga Allah tetap menjadikan Halal Fair konsisten dan eksi setiap tahunnya,” ujarnya.
Owner Ansshine, Anisa, yang baru pertama kali menjadi exhibitor tidak menyangka kalau mendapatkan sambutan besar dari pengunjung. Ia menjual aneka produk fashion muslimah syar’i dengan harga spesial. Selama pameran, pengunjung berkesempatan mendapatkan giveaway voucher belanja, atau parfum, plus tambahan diskon sampai 40 persen. “Kami belum pernah ada diskon di online shop segede ini, hanya di event ini,” pungkasnya.
Bagi yang sedang mencari propperti, Vil Rizki Insani Legok menawaran promo khusus berupa diskon 10 persen dari harga rumah. Cukup booking hanya Rp 1 juta, free biaya surat-surat seperti BPHTB, balik nama, dan juga biaya KPR.
Orang tua yang masih bingung memilih pesantren, bisa mengunjungi stan SMP Bina Insan Boarding School yang terletak di Bogor. Selama pameran, ditawarkan promo free SPP 1 bulan sebesar Rp 2,3 juta, dan free biaya pendaftaraan sebesar Rp 500 ribu.
Pecinta kucing, hadir Muezza, sebuah brand makanan kucing yang sudah tersertifikasi halal dan sudah kali ketiga hadir di Halal Fair. Selama pameran, pembeli mendapatkan diskon
sampai 50%. Selain itu, untuk pembelian diatas 100 ribu rupiah berkesempatan ikut lucky dip berhadiah berbagai souvenir seperti tumbler atau payung.
Mahveen natural skincare juga tidak kalah eksis memberikan diskon sampai 10%, belanja senilai Rp 100 ribu sudah bisa sudah bisa join Mitra Mahveen Voucher Treatment Gratis senilai Rp 100 ribu. Dan, untuk Mitra Mahveen yang belanja senilai Rp 500 ribu mendapatkan voucher belanja senilai Rp 50 ribu berlaku kelipatan serta free kalender edukasi 2024.