Tangkapan layar wawancara penjurian ICEA 2024

FirstIndonesiaMagz.id– Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau disingkat BPD Kaltim Kaltara atau Bankaltimtara telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2024 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri pada Selasa (30/1).

ICEA 2024 merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan (award) tahunan kepada perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta yang telah menjalankan program Corporate Social Responsibelity (CSR)/ Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)/ Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)/ Community Development terbaik.

Adanya ICEA 2024 diharapkan dapat mendorong dan menjadi penyemangat serta tantangan tersendiri bagi perusahaan maupun lembaga pemerintahan untuk terus meningkatkan program CSR dengan merumuskan kembali program CSR-nya, guna mempertahankan kawasan sebagai pusat pertumbuhan (epicentrum of growth).

Dalam kegiatan ICEA 2024 ini akan melalui beberapa tahap meliputi kegiatan penjurian dan penilaian dari para dewan juri serta tahap final-nya perolehan penghargaan.

Pada saat kegiatan wawancara penjurian, paparan materi disampaikan oleh Rita Kurniasih selaku Pimpinan Sekretariat Perusahaan dan Nurul Sulaiha selaku Pimpinan Departemen Hubungan Korporasi BPD Kaltim Kaltara.

“Program CSR Bankaltimtara (dulunya CSR Bankaltim) mulai dilaksanakan sejak tahun 2014. Pada tahun-tahun sebelumnya, kepedulian Bank terhadap lingkungan dan eksternal perusahaan hanya disalurkan melalui kegiatan-kegiatan Bantuan dan Sponsorship,” jelas Rita.

BPD Kaltim Kaltara menjadi bagian penting dari pembangunan daerah di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sehingga penting bagi perusahaan untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah tersebut.

“Kami bertujuan untuk menjadi market leader di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kami juga perlu mengerti kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah sehingga kami menjadi garda terdepan dalam mendukung keberlangsungan ekonomi daerah dan nasional,” tambah Rita.

Bankaltimtara percaya bahwa kelangsungan perusahaan sangat didorong oleh Sumber Daya Manusia yang andal dan kompeten. Bagi Bankaltimtara, SDM merupakan aset utama dan berharga, maka Bankaltimtara melalui Manajemen Pengelolaan SDM akan terus melakukan upaya penyempurnaan organisasi dan sistem pengembangan Sumber Daya Manusia. Program pembinaan terhadap karyawan merupakan salah satuprioritas Bankaltimtara dalam menghadapi tantangan baik sekarang maupun dimasa mendatang.

Dalam pelaksanaan CSR Bankaltimtara memiliki pengelompokan program dalam program CSR berkelanjutan dan program CSR lainnya seperti pengadaan pra sarana dan tempat ibadah.

CSR Berkelanjutan

Edukasi

Kegiatan-kegiatan dalam bidang edukasi ini disusun mengacu pada aturan tersebut namun tetap dikemas dalam bentuk yang menarik dan bermanfaat bagi pembentukan citra Bank.

Pendidikan

BEASISWA PRIMA BANKALTIMTARA

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang memiliki prestasi dan passion untuk berprestasibaik di bidang akademisnyamaupun skill. Jumlah PenerimaBeasiswa Prima Bankaltimtara Sampai pada Tahun 2023 adalah sebanyak 530 orang dengan total penyaluran dana beasiswa sebesar Rp 3,9 Milyar.

BANKALTIMTARA INTERNSHIP OPPORTUNITY (PKL/MAGANG)

Merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah diatur dalam bidang Human Capital Bankaltimtara. PKL atau magang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan siswa didik agar memperoleh output yang jelas setelahmenunaikanPKLnya di Bankaltimtara. Kegiatan ini dikelola oleh Divisi Human Capital Bankaltimtara.

Bankaltimtara Bina Usaha

PEMBINAAN KOMUNITAS UMKM

Kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan komunitas ini antara lain: kontrol komunitas bekerjasama dengan PIC komunitas UMKM tertentu, intens mengadakan gathering UMKM untuk meningkatkan partisipasi dan ikatan dengan para pedagang UMKM, memberikan kesempatan unjuk diri untuk produk-produk mereka seperti mengadakan event Pameran Produk dll.

BANKALTIMTARA BINA USAHA WISATA BELANJA KALTIMTARA

Pembinaan komunitas UMKM yang telah dilaksanakan khususnya pengusaha yang tergabung dalam Wisata Belanja Kaltim, merupakan pengembangan dari program Wisata Belanja Kaltim. Program ini pertama kali diluncurkan pada 27 Mei 2012, yang dulu bertajuk Program 1.000 Tenda. Program ini mempertemukan pedagang UMKM dan pembelinya dengan memanfaatkan rutinitas Stadion Madya SempajaSamarinda yang biasanyaramai di hari Minggu untuk kegiatanolahraga. Selain di Kota Samarinda, kegiatanini juga dilaksanakan di Kota lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here