FirstIndonesiaMagz.id– PT TASPEN (Persero) menegaskan komitmennya dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya tahan melalui partisipasinya dalam ajang Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2025. Dalam ajang ini, TASPEN memamerkan transformasi signifikan dalam pengembangan SDM sebagai kunci utama keberhasilan bisnis dan pelayanan publik yang berkelanjutan.
Pada Jumat (16/5), PT TASPEN (Persero) telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2025.
Human Capital on Resilience Excellence Award menjadi kegiatan penilaian atau corporate rating (award) tahunan di bidang human capital. Dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di perusahaan dengan transformasi digital yang sangat cepat saat ini. Sehingga, dapat menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.
Kegiatan HCREA 2025 diselanggarakan oleh First Indonesia Magazine First Indonesia Magazine bekerjasama dengan para pakar dan profesional bidang Human Capital, ICT, Riset & Inovasi kembali menggelar ajang bergengsi di dunia sumber daya manusia (SDM). Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, salah satunya yakni dengan wawancara penjurian, penilaian dari para dewan juri serta tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.
Kemudian dalam kegiatan wawancara penjurian HCREA 2025 ini, pemaparan materi oleh Fuji Widya Rachmadi selaku HC Division Head PT Taspen (Persero).
Dengan visi menjadi perusahaan asuransi sosial dan dana pensiun yang unggul, terpercaya, dan berkelanjutan, TASPEN terus memperkuat peran human capital sebagai mitra bisnis strategis dan agen perubahan dalam mendorong transformasi digital serta inovasi layanan.
“Transformasi kami tidak hanya fokus pada sistem, tetapi juga membangun budaya kerja yang mendukung generasi muda, inklusi, serta penguatan kompetensi melalui digitalisasi,” ujar Fuji Widya Rachmadi dalam presentasinya.
Pendekatan Komprehensif Human Capital
Dalam beberapa tahun terakhir, TASPEN berhasil menunjukkan pertumbuhan aset yang konsisten dan peningkatan jumlah karyawan yang selaras dengan transformasi bisnis. Melalui strategi Human Capital Management System, perusahaan fokus pada pengembangan talenta, peningkatan kompetensi kepemimpinan, serta digitalisasi proses manajemen kinerja yang terintegrasi.
Upaya pengelolaan SDM juga didukung dengan pendekatan kesetaraan dan inklusi, termasuk rekrutmen putera daerah dan penyandang disabilitas, serta penciptaan lingkungan kerja yang ramah keluarga dengan fasilitas seperti ruang laktasi dan daycare.
Inovasi dan Budaya Perusahaan
Dalam memperkuat engagement dan loyalitas karyawan, TASPEN menyelenggarakan berbagai program budaya perusahaan berbasis nilai inti AKHLAK. Pengukuran budaya dilakukan rutin, dan berbagai penghargaan serta fasilitas kesejahteraan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi pegawai.
TASPEN juga terus mengembangkan ekosistem pembelajaran berbasis digital seperti SIMPLE, TASPEN KNOWS, dan platform e-PIC, serta memperkuat manajemen talenta melalui program kepemimpinan BOD-1 & BOD-2.
Kesejahteraan dan Mobilitas Talenta
Program Employee Well-being di TASPEN meliputi kegiatan olahraga, seni, seminar kesehatan, hingga dukungan spiritual dan komunitas karyawan. Mobilitas talenta juga diterapkan melalui penugasan lintas unit kerja dan kolaborasi dengan Kementerian BUMN.
Membangun Ketangguhan untuk Masa Depan
Melalui pendekatan terintegrasi yang menekankan kecepatan, ketangguhan, dan kolaborasi, PT TASPEN (Persero) berhasil menciptakan sistem human capital yang adaptif terhadap tantangan masa depan. Dengan ini, TASPEN tidak hanya menunjukkan ketangguhan di tengah perubahan, tetapi juga membuktikan dirinya sebagai institusi yang siap mendukung kesejahteraan ASN dan pejabat negara secara berkelanjutan.