dok. First Indonesia/Ismi

FirstIndonesiaMagz.idTangerang Fair yang merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun Kota Tangerang ke-30 tahun akan dilaksanakan di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang pada tanggal 11-12 Maret 2023.

Hajat Kota Tangerang ini didukung penuh oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang. Berbagai kegiatan lomba yang diadakan dalam Tangerang Fair pun telah disahkan oleh Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang Revolusi.

Dalam pertemuannya dengan Koordinator acara Tangerang Fair, Maya Yulianti, Kaonang Revolusi membubuhkan tanda tangannya pada sertifikat yang nantinya akan dibagikan kepada para pemenang lomba sebagai bentuk keseriusan Dispora dalam mendukung acara ini.

β€œIni merupakan acara yang sangat inspiratif, kami tentu akan mendukung penuh acara ini karena memang ini juga merupakan perayaan ulang tahun Kota Tangerang yang ke-30 tahun,” ucap Kaonang.

Foto: Penandatanganan Sertifikat Lomba oleh Kadispora Kota Tangerang

Sedangkan untuk lomba yang akan dilombakan di Tangerang Fair antara lain E-Sport, Fashion Show, Senam Si Benteng, Senam Kreasi serta Tari Kreasi Nusantara. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh Walikota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah serta pada hari berikutnya akan ada senam bersama dengan Wakil Walikota Tangerang, Drs. H. Sachrudin.

Senam Si Benteng sendiri merupakan senam kreasi yang dikembangkan dan menjadi senam nasional Kota Tangerang. Dinamakan Senam Si Benteng kembali lagi karena Kota Tangerang dikenal sebagai Kota Benteng.

Nama Benteng bermula pada masa pendudukan Belanda. Sultan Banten pada saat itu mengangkat tiga orang maulana yang bertugas untuk membantu perekonomian Kesultanan Banten untuk melawan VOC. Dalam perjuangan mengusir VOC, ketiganya membangun benteng pertahanan.

Daerah di sekitar benteng pertahanan itu kemudian disebut masyarakat sekitar dengan istilah daerah “Benteng” atau “Bentengan”. Hal itulah yang mendasari Kota Tangerang dikenal akhirnya dikenal sebagai Kota Benteng. Sisa “Bentengan” tersebut masih bisa ditemukan di beberapa titik di bawah permukaan air Sungai Cisadane yang kian melebar.

(kn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here