FirstIndonesiaMagz.id– PT Pos Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang menyediakan layanan pengiriman dan logistik. Pada Rabu (14/8), PT Pos Indonesia telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2024.
ISEA 2024 diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, seperti wawancara penjurian, penilaian dari para dewan juri, dan tahap finalnya yaitu perolehan penghargaan.
ISEA 2024 menjadi kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Safety dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang ada di perusahaan dalam bidang K3 atau HSSE.
Dalam kegiatan wawancara penjurian ini, paparan perusahaan dilaksanakan secara daring oleh Eka Putra selaku Human Capital Bisnis Partner dan dihadiri juga oleh Asih Kurniasari Komar selaku Direktur Human Capital Management serta Nandi Hidayat selaku VP Human Capital Service.
Transformasi Digital pada Pengimplementasian K3
Dalam membantu operasionalnya, Pos Indonesia telah mengimplementasikan digitalisasi K3. Ini berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam K3 yang digunakan oleh Pos Indonesia. Aplikasi AKHLAK Implementation Monitoring System (AIMS) merupakan salah satu implementasi digital yang dibuat untuk mempermudah segala pekerjaan terkait dengan pelaporan K3.
Inovasi & Program Unggulan dalam Occupational Safety & Hygiene
Inovasi dalam K3
Menjadikan ISO 45001 dan 14001 sebagai Standar Baku SMK3 Perusahaan.
Program Unggulan
Digitalisasi Pelaporan Kegiatan SMK3 via Aplikasi AIMS untuk mempermudah pekerjaan yang ada di PT Pos Indonesia.
Keselamatan dalam Lingkungan, Sosial & Tata Kelola (ESG)
ESG berkaitan dengan pembangunan lingkungan atau POS GO GREEN yakni:
- Bantuan sumbangan pengadaan motor dan mobil listrik untuk oranger
- Penanaman pohon non mangrove
- Bantuan penyediaan solar cell untuk operasional KCP
- Bantuan pembuatan bank sampah
- Bantuan penyediaan sarana air bersih
- Bantuan pembuatan MCK