FirstIndonesiaMagz.id– PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau biasa disingkat menjadi KAI, merupakan sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang perkeretaapian. Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan/grup usaha yakni KAI Services (2003), KAI Bandara (2006), KAI Commuter (2008), KAI Wisata (2009), KAI Logistik (2009), KAI Properti (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).
Pada Rabu (29/5), PT KAI telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2024.
HCREA 2024 menjadi kegiatan penilaian atau corporate rating (award) tahunan di bidang human capital. Dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di perusahaan dengan transformasi digital yang sangat cepat saat ini. Sehingga, dapat menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.
Kegiatan HCREA 2024 diselanggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, salah satunya yakni dengan wawancara penjurian, penilaian dari para dewan juri serta tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.
Kemudian dalam kegiatan wawancara penjurian HCREA 2024, presentasi perusahaan dipaparkan langsung oleh Rosma Handayani selaku Direktur SDM dan Umum serta dihadiri oleh para kepala divisi di KAI.
KAI mengelola sekitar 596 stasiun dengan jumlah karyawan berkisar 27.977 karyawan yang tersebar di seluruh daerah operasi (Daop) KAI. Dengan banyaknya jumlah karyawan yang berhubungan langsung dengan perusahaan, PT KAI tentu saja memiliki pengembangan bidang human capital untuk mendukung SDM yang handal.
Dari konsistensi PT KAI dalam mendukung SDM yang handal, KAI telah mendapatkan sekitar 118 penghargaan sepanjang 2023 hingga Mei 2024 dari berbagai award dan kementerian.
Secara eksplisit, KAI terus berupaya menghubungkan aspirasi bisnis dan masyarakat untuk mempersiapkan kesuksesan menghadapi tantangan global ke depan. KAI juga berupaya mendorong adanya transformasi dan daya saing dalam menyeimbangkan bisnis dan kebutuhan pelanggan saat ini.