Firstindonesiamagz.idPT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2022 yang diselenggarakan oleh  First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri, pada Selasa (19/7/2022).

HCREA 2022 merupakan kegiatan penghargaan (award) tahunan dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi divisi human capital di perusahaan terlebih di kondisi pandemi Covid-19 dengan bertransformasi digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan perusahaan masing–masing yang sangat cepat berubah & turbulence.

Selain itu, kegiatan HCREA 2022 juga bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor–faktor penentu kesuksesan human capital di era pandemi Covid 19/new normal, dan juga untuk mengukur dan menilai kinerja serta keefektivitasan strategi human capital dalam melakukan transformasi dan ketahanan bisnis yang dijalankan perusahaan.

Di sisi lain, HCREA 2022 ini bukan hanya kegiatan wawancara penjurian saja melainkan ada juga tahapan lainnya seperti penilaian dari para dewan juri akademisi kemudian tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.

Saat kegiatan wawancara penjurian HCREA 2022 yang dilangsungkan secara daring ini, Jasa Marga memaparkan terkait human capital yang diterapkan. Salah satunya yakni program strategis korporat Jasa Marga yang memuat Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

Simak apa saja RKAP Jasa Marga dari tahun 2020 hingga 2022 berikut ini:

RKAP Jasa Marga 2020

a. Enhancement transformasi human capital

b. Penajaman transformasi budaya

c. Pengembangan bisnis dilakukan dengan memperhatikan stabilitas finansial jangka Panjang dengan menjaga batas covenant yaitu ICR minimum 1.25 dan DER maksimal 5, serta menjaga peringkat hutang perusahaan

d. Direncanakan terdapat 11 (sebelas) ruas jalan tol yang akan mengalami kenaikan tarif

e. Implementasi proyek Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier berbasis RFID

f. Transformasi dan digitalisasi bidang operasi dan pemeliharaan jalan tol serta pengelolaan tempat istirahat dan pelayanan berbasis teknologi melalui IoT Lab.

RKAP Jasa Marga 2021

a. Membangun ketahanan dam kebangkitan melalui inovasi

b. Asset Recycle penyertaan di anak perusahaan

c. Implementasi SLFF berbasis RFID di ruas jalan tol menggunakan FLO, implementasi Automatic Vehicle Classification (AVC), dan Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

d. Pengelolaan rest area, penggunaan utilitas dan digitalisasi iklan di sepanjang Rumija jalan tol, rencana pengembangan Toll Corridor Development (TCD), dan melakukan building management

e. Transformasi organisasi dengan mempersiapkan talent untuk mendukung pertumbuhan.

RKAP Jasa Marga 2022

a. Asset Recycling melalui pemisahan divisi Jasa Marga Regional Transjawa

b. Menentukan potensi aksi korporasi melalui pembentukan Komite Investasi

c. Program kegiatan budaya AKHLAK untuk memperkuat fase komitmen

d. Pengukuran implementasi core value AKHLAK berbasis ACHI (AKHLAK Culture Health Index)

e. Akselerasi kompetensi karyawan untuk mempersiapkan kaderisasi dan regenerasi dibidang bisnis konsesi jalan tol, bisnis pengoperasian jalan tol, dan bisnis prospektif.

Kemudian ada pula pencapaian kinerja human capital (HC) Jasa Marga Group pada tiga tahun terakhir yang memperoleh peningkatan.

Pencapaian kinerja human capital (HC) Jasa Marga Group ini sebagai suatu proses yang dilakukan Jasa Marga untuk memperoleh kinerja yang baik sesuai tujuan guna mengembangkan dan meningkatkan kinerja dalam lingkungan yang harmoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here