Wawancara Penjurian Indonesia Sustainability Award 2025 PT Erajaya Swasembada Tbk
Wawancara Penjurian Indonesia Sustainability Award 2025 PT Erajaya Swasembada Tbk

FirstIndonesiaMagz.id– Erajaya Group terus memperkuat komitmennya terhadap keberlanjutan melalui berbagai inisiatif inovatif yang terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan. Melalui Indonesia Sustainability Award 2025, Erajaya menegaskan upayanya dalam mempercepat inovasi berkelanjutan untuk menciptakan masa depan yang tangguh.

Pada Jumat (17/1), PT Erajaya Swasembada Tbk telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Indonesia Sustainability Award (ISA) 2025 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri.

Indonesia Sustainability Award (ISA) 2025 bertujuan untuk menghargai dan mengakui upaya perusahaan dan organisasi dalam mengimplementasikan praktik baik di bidang Environmental, Social, and Governance (ESG), serta memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam praktik keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

Dalam kegiatan ISA 2025 ini akan melalui beberapa tahap meliputi kegiatan penjurian dan penilaian dari para dewan juri serta tahap final-nya adalah perolehan penghargaan.

Pada saat kegiatan wawancara penjurian, paparan materi Rezza Lazuardi Pratama selaku Head of CSR, Lydia Laurencia selaku CSR Supervisor serta Panji Kusuma selaku CSR Supervisor.

Didirikan pada tahun 1996 sebagai dealer smartphone, Erajaya Swasembada Tbk kini menjadi distributor dan peritel terkemuka dalam industri perangkat telekomunikasi. Ekspansi Erajaya meliputi berbagai vertikal bisnis seperti gaya hidup aktif, kecantikan, kesehatan, hingga makanan dan minuman. Dalam perjalanan keberlanjutannya, Erajaya telah memperoleh berbagai penghargaan untuk Keberlanjutan Ritel dan penghargaan ESG.

Erajaya memulai perjalanan ESG dengan pendekatan bertahap:

  • Fase Adopsi Awal (2022): Pelaporan keberlanjutan pertama dan inisiasi program berbasis ESG.
  • Fase Transisi & Alignment (2023): Memperluas kemitraan strategis dan menyelaraskan program jangka panjang.
  • Fase Penguatan & Penyempurnaan (2024–2026): Memperluas program ESG, meningkatkan pengukuran dampak, dan mengembangkan dasbor manajemen ESG.
  • Fase Penyelesaian (2027): Pelaporan 100% berdasarkan GRI dan mencapai posisi teratas pada indeks ESG.

Inisiatif Lingkungan

Salah satu fokus utama perusahaan adalah pengelolaan limbah elektronik melalui program E-Waste Station. Program ini bertujuan untuk mengurangi limbah elektronik, mendukung ekonomi sirkular, serta meningkatkan kesadaran masyarakat. Hingga 2024, Erajaya telah berhasil mengumpulkan 1.750 unit e-waste, mengurangi emisi karbon hingga 388 kg CO2, dan memproduksi 729 kWh energi.

Inisiatif Sosial

Erajaya juga fokus pada pendidikan vokasi melalui program EXCEL (Exploration & Collaboration in Education and Learning). Program ini bertujuan menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri. Hingga 2024, Erajaya telah bekerja sama dengan lebih dari 93 sekolah vokasi di seluruh Indonesia, melibatkan lebih dari 400 siswa dan guru dalam berbagai kegiatan pelatihan.

Tata Kelola Perusahaan

Erajaya berkomitmen pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik melalui penerapan standar ESG. Inisiatif seperti Wellness Day dan program UMKM dirancang untuk menciptakan nilai bersama antara perusahaan dan masyarakat.

Penghargaan dan Capaian

Melalui strategi keberlanjutan yang terintegrasi, Erajaya berhasil menjadi pemimpin dalam indeks ESG di Indonesia, memajukan keberlanjutan industri, sekaligus mendorong dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here