FirstIndonesiaMagz.id – PT PLN Batam telah telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri, Senin (19/9/2022).
ISEA 2022 merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi divisi K3 di perusahaan, khususnya di kondisi pada Covid-19 dengan bertransformasi digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan perusahaan masing-masing yang sangat cepat berubah & turbulence, serta dapat membangun merawat dan budaya keselamatan di perusahaan masing-masing menuju perusahaan, lembaga pendidikan, dan organisasi yang memiliki tingkat budaya keselamatan kelas dunia.
Tahapan kegitan ISEA 2022 ini bukan hanya kegiatan wawancara penjurian saja, melainkan ada beberapa tahap yang meliputi kegiatan penilaian dari para dewan juri akademisi selanjutnya tahap final-nya perolehan penghargaan.
Adapun saat kegiatan wawancara penjurian ISEA 2022, Secara virtual PT PLN Batam memaparkan Pengelolaan K3 yang selama ini diterapkan.
Sebagai Pemegang Izin Usaha Ketenagalistrikan Untuk Umum (PIUKU) dengan wilayah kerja Batam, Rempang, Galang dan wilayah lainnya, PT PLN Batam akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan senantiasa menyediakan tenaga listrik yang handal dengan bertumpu pada Sumber Daya Manusia yang profesional.
Membentuk dan memberdayakan Sumber Daya Manusia yang profesional tentu tak lepas dari pengelolaan K3, karenanya PT PLN Batam selalu berupaya untuk berfokus pada penerapan K3 guna mencegah kecelakaan, peledakan, penyakit akibat kerja dan pencemaran serta insiden buruk yang membahayakan. Fokus K3 tersebut dilakukan PT PLN Batam agar dapat meningkatkan kinerja lingkungan dan K3 secara berkelanjutan melalui penerapan sistem manajemen lingkungan dan K3 sesuai aturan dan standar yang berlaku.
Lebih lanjut, PT PLN Batam dalam praktik pengelolaan K3-nya juga tak melewati langkah perencanaan, evaluasi kebijakan dan strategi pengelolaan K3 termasuk di dalamnya menerbitkan ketentuan/prosedur/pedoman dan juga melakukan sosialisasi serta meningkatkan kompetensi.
Hal itu dilakukan PT PLN Batam agar dapat menekan risiko kerugian dan meningkatkan produktifitas. Untuk itu PT PLN Batam melakukan identifikasi dan penilaian risiko, sebagai berikut:
- Job Safety Analysis (JSA)
- Hazard Identification Risk Asessment And determining Control (HIRADC)
- Safey Induction Safety Briefing
- ProsedurIntegrasi
- Review.
Bukan hanya itu saja, guna menekan risiko kerugian dan meningkatkan produktifitas, PT PLN Batam juga melakukan sejumlah upaya yang diperuntukan bagi Sumber Daya Manusianya, seperti:
- Penempatan personil HSE pada unit kerja
- Pembentukan Panitia Pelaksana K3 (P2K3) pada setiap unit pelaksana pimpinan unit menjabat sebagai ketua dan anggota tim memenuhi persyaratan kompetensi
- Pembentukan tim tanggap darurat pada setia unit kerja
- Pemenuhan kompeten.
Demikian sedikitnya pemaparan PT PLN Batam pada kegiatan wawancara penjurian ISEA 2022.