FirstIndonesiaMagz.id, Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2024, pada Rabu (12/6).
HCREA 2024 menjadi kegiatan penilaian atau corporate rating (award) tahunan di bidang human capital. Dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di perusahaan dengan transformasi digital yang sangat cepat saat ini. Sehingga, dapat menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.
Kegiatan HCREA 2024 diselanggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan seperti wawancara penjurian, penilaian dari para dewan juri serta tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.
Kemudian dalam kegiatan wawancara penjurian HCREA 202, pemaparan presentasi PT Pos Indonesia (Persero) dilakukan oleh Asih Kurniasari Komar selaku Direktur Human Capital Management, Ika Wijayanti selaku SVP Human Capital Policy and Strategy dan Chandra Dewi selaku SVP Human Capital Services and Business Partner.
Dalam pemaparan tersebut, Asih menyampaikan Strategi human capital milik PT Pos Indonesia dirancang untuk selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Beberapa strategi yang dijalankan meliputi:
- Membangun kompetensi karyawan di bidang logistik, financial dan digital serta kemampuan leadership. Ini penting untuk menjaga daya saing perusahaan di era revolusi digital.
- Melaksanakan penilaian kinerja yang fair dan memberikan reward sesuai dengan kinerjanya. Penilaian ini penting untuk memotivasi karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan.
- Membangun sistem pengelolaan karir yang mempertimbangkan minat dan keahlian karyawan. Sistem ini membantu karyawan untuk berkembang dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan.
- Reformulasi kebijakan dan strategi HC dengan mempertimbangkan well being karyawan untuk membangun employee experience yang positif. Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung kinerja karyawan.
Dengan strategi-strategi ini, PT Pos Indonesia berharap dapat menghadapi tantangan transformasi digital dan menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.