FirstIndonesiaMagz.id– PT Bank JTrust Indonesia Tbk telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2024 pada Rabu (12/6).
PT Bank JTrust Indonesia Tbk merupakan penyedia jasa finansial komprehensif dengan pengalaman dan know-how yang luas di bisnis finansial Korea Selatan dan Asia Tenggara serta bisnis finansial dan non-finansial di Jepang.
HCREA 2024 menjadi kegiatan penilaian atau corporate rating (award) tahunan di bidang human capital. Dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di perusahaan dengan transformasi digital yang sangat cepat saat ini. Sehingga, dapat menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.
Kegiatan HCREA 2024 diselanggarakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, salah satunya yakni dengan wawancara penjurian, penilaian dari para dewan juri serta tahap finalnya yakni perolehan penghargaan.
Kemudian dalam kegiatan wawancara penjurian HCREA 2024, paparan perusahaan dilakukan oleh Cista Nugraheni selaku Deputi Division Head Human Capital Bank JTrust.
Sebagai perusahaan perbankan, Bank JTrust memiliki kebebasan dalam mengakses SLIK Checking atau SLIK OJK. SLIK OJK merupakan Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan yang sebelumnya dikenal dengan BI Checking.
SLIK OJK digunakan oleh perusahaan untuk mengukur integritas para karyawan. Bank JTrust melakukan SLIK Checking kepada para karyawannya sebanyak 4 kali dalam setahun. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui integritas keuangan para karyawan JTrust.
JTrust memperlebar sayapnya dengan memiliki 46 cabang dengan 7 Kantor Cabang dan 3 Kantor Kas di Sumatera, 2 Kantor Cabang dan 17 Kantor Kas di Jabodetabek serta 9 Kantor Cabang di Jawa dan Bali. Selain itu, Bank JTrust juga memiliki 4 Kantor Cabang di Kalimantan, 3 Kantor Cabang di Sulawesi serta 1 Kantor Cabang di NTT.
Dalam memperlebar sayapnya tersebut, JTrust terus berupaya dalam mengembangkan SDM di perusahaan. Bank JTrust percaya bahwa ketika karyawan berkembang, maka profit perusahaan juga akan ikut berkembang. Dalam meningkatkan produktivitas dan memastikan keberlanjutan kinerja perusahaan, Bank JTrust memiliki Human Capital Framework yang telah diterapkan di perusahaan.
Human Capital Framework
Planning
Proses mengidentifikasi perencanaan SDM untuk saat ini & masa depan yang selaras dgn sasaran strategi organisasi.
Acquiring
Proses mengidentifikasi, menilai & mendapatkan karyawan yg bertalenta sesuai dgn stardart kompetensi yg dibutuhkan baik dari internal organisasi maupun eksternal organisasi.
Developing
Proses pengembangan kompetensi SDM dan pengelolaan talent melalui succession planning untuk mencapai tujuan & sasaran organisasi.
Retaining
Proses me-retain/ mempertahankan talent-talent potensial dengan memastikan kompensasi yg tepat berdasarkan reward & benefitnya sesuai dengan strategi bisnis.
Maintaining
Proses pengelolaan & penanganan SDM melalui pelayanan yg cepat & baik sehingga hubungan industrial terjaga dengan baik.