firstindonesiamagz.id – Salah satu anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakni PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah mengikuti kegiatan wawancara penjurian Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2022, yang diadakan oleh First Indonesia Magazine bersama PT Indonesia Popular Mandiri, secara daring pada Jumat, (24/6/2022).
Pada kegiatan tersebut PT KCI lebih menekankan tentang Role Human Resources in the Company atau Peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang diterapkan PT KCI.
Berkenaan dengan kegiatan tersebut, PT KCI menyebut 4 program Strategic Orientation di antaranya:
1. Digital transformation
Melakukan persiapan untuk menghadapi bisnis digital dengan melakukan pengembangan layanan berbasis digital, seamless, artificial intelegent dan big data untuk mengoptimalkan kebutuhan layanan yang tepat.
2. Business development
Melakukan perencanaan pengembangan bisnis yang berorientasi pada layanan di luar jabodetabek, Merak, Yogya, Surabaya dan Bandung serta pengembangan bisnis non farebox berbasis digital dan support pengelolaan sarana (facilities).
3. Winning team
Membentuk tim khusus dari millenials terbaik untuk membantu Direksi KAI Commuter dalam melakukan percepatan pengembangan bisnis dan layanan serta mendorong winning team sebagai talent pool dari future leaders KAI Group.
4. Integration & collaboration
Menciptakan ekosistem transportasi urban dengan melakukan integrasi pembayaran (KMT sebagai backbound kartu transportasi) dan integrasi antar moda transportasi dengan perencanaan journey plan.
Selain itu, PT KCI juga menyebutkan terkait Commuter Talent Management System yang merupakan sebuah sistem untuk mendukung suatu proses dalam mempersiapkan, mengembangkan dan meretensi talenta untuk mengisi posisi strategis di PT KCI agar dapat berkinerja unggul pada masa kini maupun di masa yang akan datang sejalan dengan visi, misi, serta sistem nilai dan budaya perusahaan.
Adapun sistem tersebut melingkupi 4 hal ini :
1. Talent availability
Memastikan ketersediaan dan kesiapan talent untuk sustainable Growth di Perusahaan.
2. Development & retention
Meningkatkan daya tarik dalam mempertahankan dan/atau mengembangkan talent terbaik yang ada di PT KCI.
3. Good talent management
Pengelolaan fungsi-fungsi talent management dengan sistematika dan mekanisme yang lebih baik dan menjaga GCG dalam pemilihan suksesor.
4. Top executives
Talent pada PT KCI menjadi sumber unggulan bagi talent di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan KAI Group.